Blogroll

CV. Assiry Art dalam Liputan

Assiry GRC Kubah Masjid

Selamat Datang di grckubah.kaligrafi-masjid.com , kami ahlinya membuat GRC kubah, ornamen, dll. Silakan anda lihat karya-karya kami, besar harapan bisa bekerja sama dengan anda.

CV.Assiry Art adalah kendaraan Pesantren Seni Rupa dan Kaligrafi Al Quran yang ikut andil dalam menebarkan virus- virus kaligrafi di Indonesia dan manca negara. Berbagai bahan dan media yang sudah ditangani. Sejak 2003 CV.Assiry Art mencoba peruntungan bisnis dengan menggunakan bahan GRC untuk pembuatan motif ukiran, baik krawangan maupun masif. Disamping itu CV.Assiry Art juga mulai menerima order membuat Kubah GRC satu paket dengan kaligrafi interior dan eksterior kubah.

GRC adalah singkatan dari Glassfibre Reinforced Cement, dimana pengertiannya adalah sebuah produk precast / pracetak dari beton yang di-mixed dengan serat fiberglass. Keuntungan produk GRC adalah lebih ringan di banding dengan produk beton pracetak pada umumnya dan bisa dibuat lebih tipis sebagai papan GRC / GRC board atau panel GRC.

GRC adalah produk rekayasa sebagai pengganti produk-produk sejenisnya. Karena dapat diaplikasikan untuk menutup dinding/bangunan lama dan atau bangunan baru. GRC memiliki ketahanan terhadap cuaca atau suhu tertentu karena mengandung serat alkali resisten. GRC memiliki ukuran yang sangat presisi karena menggunakan moulding satu jenis sesuai desain yang diinginkan. Cetakan GRC dapat dibuat dengan Material antara lain: Triplek, Resin, Karet, dan GRC itu sendiri.Pelaksanaan pekerjaan GRC dapat dilakukan dengan waktu yang singkat dan lebih cepat dibanding material sejenisnya. Penginstalan GRC dapat dilakukan dengan sistem pengelasan, fiser, dan menggunakan material-material lain sebagai pendukung seperti Dynabolt, Braket atau Rangka siku, Besi Pipa atau bisa disesuaikan dengan kondisi lapangan.

Produk-produk grc yang di buat CV. Assiry Art antara lain :
Kubah/Dome (Polos & Motif), Ceilling/Plafon (Polos & Motif), Cover Coloumb Listplank ( Polos & Motif), Clading Dinding ( Polos & Motif), List Profil, Sopi-sopi, Pot Bunga, Canopi, Juga Mengerjakan GRC Board, Kalsiplank Polos dan Motif Kayu Jati.

Keunggulan produk GRC :
-Mampu memproduksi bahan-bahan yang rumit.
-Bisa dicetak dalam bentuk apapun
-Ringan dan mudah dalam pemasangan
-Dapat mengurangi beban pada konstruksi gedung
-Tahan terhadap api dan perubahan cuaca
-Tahan lama serta mudah dalam pemeliharaan.
-Ideal untuk membuat profile atau ornament yang bergaya klasik atau maroko yang menggunakan full ornamen arabic art.

Bahan baku yang digunakan adalah:
- SERAT FIBER : jenis alkali-resistant dengan kadar zirkonia (Zr02) yang tingggi. Berbentuk panjang seperti tali, yang pada waktu proses penyemprotan serat tersebut akan terpotong-potong sepanjang 18 – 36 mm. serat fiber yang kami gunakan adalah Roving Spry Up 2400 Tex ex. Taiwan.
Komposisi pemakaian serat fiber adalah 5% dari bobot GRC/m2.
SEMEN: Semen yang digunakan adalah portland biasa seperti disyaratkan oleh beton atau PBI TYPE 1971. Untuk sement yang biasa digunakan oleh CV.Assiry Art adalah semen gresik dan tiga roda..,
PASIR: Pasir yang digunakan adalah pasir galunggung yang bersih, kering dan keras, berfradasi 150 mikron sampai 1,2 mm. dengan persyaratan lumpur organik > 0,5%, silika > 96%, larutan garam < 1% dan kelembaban < 2%.,
AIR: Air dengan syarat bersih, tidak mengandung lumpur dan setara dengan air yang digunakan untuk adukan beton.

Berikut ini beberapa jasa seni rupa dan kaligrafi yang kami tawarkan

GRC KUBAH

Kubah GRC menjadi pilihan alternatif bagi yang menginginkan kubah Masjid yang elegan dan kuat. Selain Dari segi biaya, Kubah GRC terbilang lebih murah daripada kubah dari bahan yang lain.

Silahkan klik di sini

GRC KRAWANGAN

GRC Krawangan sudah menjadi hal yang wajib ada di sebuah masjid. Keindahan corak dan tekstur krawangan GRC menjadikan masjid terlihat lebih elegan

Silahkan klik di sini

GRC KALIGRAFI

Kaligrafi GRC menjadi alternatif bagi anda yang menginginkan kaligrafi timbul yang megah dan terkesan mewah

Silahkan klik di sini

GRC LISTPLANG

Listplang GRC dengan motif ukiran dan atau ornamen akan membuat Masjid semakin indah. Kami melayani segala bentuk motif untuk listplang

Silahkan klik di sini

GRC MOTIF MASIF

Siapa yang tak takjub melihat indahnya ornamen dan motif GRC. Dengan paduan desain yang unik dan elegan menjadikan GRC motif masif ini terlihat mencolok dan sedap dipandang.

Silahkan klik di sini

GRC MAKARA TIANG

Tiang penyangga pada Masjid akan semakin elok dipandang jika dipadukan dengan GRC Makara tiang, dengan motif dan ornamen klasik semakin membuat Masjid terlihat elegan.

Silahkan klik di sini

GRC MAHKOTA KUBAH

GRC Mahkota kubah sebagai pelengkap Kubah GRC anda. Dibuat berdasarkan desain yang anda inginkan.

Silahkan klik di sini

GRC MENARA

Menara GRC menjadi pilihan alternatif bagi yang menginginkan Menara Masjid yang elegan dan kuat. Selain Dari segi biaya Menara GRC terbilang lebih murah daripada Menara dari bahan yang lain.

Silahkan klik di sini

RELIEF BATU PARAS JOGJA

Relief batu paras jogja begitu rumit dan unik desain dan coraknya. Tentunya semakin membuat Masjid atau rumah anda terlihat unik dan menarik

Silahkan klik di sini

KALIGRAFI KUBAH

Kubah merupakan komponen penting sebuah masjid, dengan sentuhan kaligrafi dan ornamen estetik akan membuat kubah menjadi indah. Tak perlu diragukan lagi, pengalaman kami dalam membuat kaligrafi kubah sudah terbukti dengan banyaknya masjid/musholla yang sudah menggunakan jasa kami. Baik itu kubah berhias kaligrafi, ornamen, lukisan awan dan yang lain

Silahkan klik di sini


Rabu, 07 September 2016

TASHIH KALIGRAFI HINGGA SUKSES SEPERTI HASYIM MUHAMMAD AL BAGHDADI

Assiry gombal mukiyo, 07 September 2016



Apa yang sudah diteladankan oleh Hasyim Muhammad Al Khatthath kaligrafer dari irak ini tidaklah berlebihan jika kita ingin belajar Kaligrafi dan sukses sepertinya. Bagaimana tidak Seorang kaligrafer ternama Hamid Al-Amidi, pada 1952 bahkan mengukuhkan Hasyim Muhammad Al-Baghdadi sebagai penulis khath terbaik di dunia Islam.

Hasyim Muhammad dilahirkan di Baghdad pada 1917, Hasyim telah mempelajari kaligrafi sejak usia remaja. Usai memperoleh gelar Diploma dari Mulla 'Ali Al-Fadli pada tahun 1943, ia meneruskan studinya di Royal Institute of Calligraphy Kairo dan lulus pada 1944. Di tahun yang sama, ia memperoleh ijazah dari dua kaligrafer terkenal, Sayyid Ibrahim dan Muhammad Husni.

Tahun 1960, Hasyim dinobatkan sebagai pen-tashih kaligrafi Arab di Institute of Fine Art di Baghdad, lalu sebagai Ketua Bagian Dekorasi Islam dan kaligrafi Arab. Buku Kaligrafi Qawaid Al Khath Al Araby adalah karya Master Piecenya yang begitu luar biasa bahkan hampir 90 persen dipelajari di Sekolah -Sekolah dan Pesantren di Indonesia.

Inilah kehebatan Hasyim Muhammad Al Baghdadi yang sekarang justru menjadi Ironi karena banyak para pembelajar kaligrafi yang masih pemula sering bertanya dan memperbandingkan tentang bagus mana tulisan Naskhi Hasyim Muhammad Baghdad dengan Syauki Efendy Turki. Saya sering ditanya seperti itu. Maka jawaban saya adalah:

"Hasyim Muhammad Baghdad dan Syauki Efendi Turki adalah sama -sama Kaligrafer masyhur dan hebat yang dimilki oleh Islam sepanjang masa. Karena dari tangan mereka berdua melahirkan gaya atau Madzhab Kaligrafi yang berbeda tetapi cita rasa keindahannya sungguh tiada tara dan luar biasa. Yang tidak bagus itu ya kita, yang belajar meniru Naskhi gaya Hasyim Muhammad saja tidak pecus tetapi senang berkoar -koar bahwa Gaya tulisan Hasyim Muhammad itu jelek, gaya Hasyim terlalu datar ngga ada greget dan lainnya. Ini kan su'ul adab, tidak memilki etika. Lha wong Hamid Al Amidi saja memberikan ijazah Taqdiriyyah atau pengukuhan dan pengakuan tentang keindahan setiap goresan Hasyim Muhammad ko. Sedangkan kita yang baru jadi kaligrafer tingkat RT/RW atau paling tinggi level tingkat Indonesia sudah jumawa dan selengean. Padahal jika kita betul -betul belajar dengan sungguh -sungguh mengamati setap detail karya -karya Hasyim Muhammad maka kita akan nenemukan bahwa setiap goresan dari karya -karyanya memiliki "Nur dan Ruh" yang begitu hidup dan terus menyala menuntun bathin kita untuk terus menggores kaligrafi dengan cahaya cinta".

Saya tidak perlu detail membahas tentang Hasyim Muhammad karena begitu berkilaunya beliau dalam khasanah perkaligrafian Dunia dan tidak ada satupun kaligrafer dunia yang menyangsikan keindahan dan kekuatan kaidah huruf maupun karya -karyanya. Tahukah apa kunci Sukses yang Beliau miliki? Tidak lain adalah Beliau memilki kesabaran yang tidak terbatas, rajin, tekun, dan tenang saat berlatih dan belajar kaligrafi.

Kesabaran ini dituntut dari murid atau siapa saja yang ingin tulisan kaligrafinya bagus, karena tulisan mengharuskan kestabilan angan kemudian ketenangan dan ketentraman. Tidak hanya itu, keteguhan dalam latihan, dan terus mentashihkan atau mengkoreksikan setiap karyanya kepada para Master Kaligrafi dimanapun berada dikunjunginya serta menjunjung tingga etika dan akhlaq kepada para Gurunya yang telah nengucurkan ilmu Kaligrafi kepadanya. Itulah diantara kunci kesuksesan dan keberkahan hidup yang dianugerahkan oleh Allah kepada Hasyim Muhammad Al Baghdadi tersebut.

Maka kesabaran yang ditempuh oleh Hasyim Muhammad untuk mencapai kemajuan semakin mantap dan semakin berkilau. Maka jika kita ingin sukses dalam menekuni ilmu kaligrafi ya minimal meniru langkah beliau dalam belajar Kaligrafi dan akhlaqnya ketika berguru kaligrafi.

Berbeda dengan para pembelajar kaligrafi jaman sekarang yang terkadang acuh dan cuek dengan gurunya. Jika sudah bisa dan sedikit berprestasi saja terkadang malah berani dan berkurang kesopanan terhadap gurunya. Naudzubillahi min dzalik.

Tentu Guru yang Profesional menjadi faktor penentu kesuksesan seorang Hasyim Muhammad. Karena Guru yang memandu jalannya proses belajar yang berperan dalam memberi motivasi, memberi teori dalam latihan, dan lainnya yang berhubungan dengan pengajaran atau latihan. Jadi Guru yang profesional akan lebih bisa membantu dalam belajar dan mempercepat hasil yang baik.

Jadilah Guru yang hebat karena Guru Kaligrafi yang hebat akan terus mengingatkan murid-muridnya untuk dapat membedakan antara huruf satu sama lain, ukuran titik setiap huruf perhuruf, memperhatikan ukuran tinggi-rendah, lengkung dan kejur, goresan mencuat dan menukik atau tinggi dan panjang.

Juga bagaimana cara untuk memperhalus goresan yang berkenaan dengan finishing touch dan tartis/pembenahan setiap huruf kaligrafi yang sudah digoreskannya dan seterusnya.

Dengan demikian, latihan dan terus mentashihkan karya akan memberikan pengaruh yang efektif dalam meperindah tulisan kaligrafi dan memperlekas sampainya kepada tujuan tersebut.

Motivasi guru kaligrafi yang diberikan kepada murid-muridnya sangat berperan untuk mengikis perasaan putus asa dari jiwa mereka sehingga mereka bias beradaptasi dengan latihan. Adaptasi ini merupakan sukses sebenarnya bagi guru dalam menentukan tradisi berjuang, melangkahi kesulitan, cita-cita meraih sukses, dan keteguhan untuk merealisasikan tujuan. Bahkan saya sendiri di PSKQ Modern ( pesantren Pskq Modern Kudus Jateng) harus sampai tengah malam kadang hingga pagi tanpa tidur semalaman untuk terus memberikan semangat dan kegembiraan -kegembiraan dengan banyak bercerita tentang para tokoh kaligrafi yang sukses dan semacamnya.

Rasa gembira, menatap harapan dan kebahagiaan hati dapat terpantul dalam keindahan huruf-huruf yang ditulis murid, membuat mereka selalu optimis, penuh harapan, dan senang menambah aktivitas agar hasil tugasnya semakin bagus. Akan berbeda hasil yang dicapai jika para pembelajar kaligrafi yang masih pemula ini dalam keadaan galau, stres, atau karena banyak beban fikiran tentang persoalan -persoalannya tentang kaligrafi yang masih menjadi beban bukan sebagai sesuatu yang justru menjadi sarana untuk menghiburnya.

Apa yang dilakukan Ustaz Miftahul Huda Pati adalah contoh kecil bahwa belajar dan terus tashih kaligrafi adalah keniscayaan. Meskipun bulan Juli 2016, ia berhasil menggondol juara 2 Kaligrafi tingkat ASEAN di Malaysia. Rahasia ilmu kaligrafi itu didapatkan dalam arahan, pengajaran dan bimbingan Guru dan kualitas goresan kaligrafi ditentukan oleh banyaknya menggores dan latihan secara kontinyu" Al khatthu Makhfiyyun fi ta'limi al ustadz Waqiwaamuhu fi katsrati al masyq".

Semoga terus bisa berbagi kemanfaatan kepada siapapun, amiiin. Baik itu gampang. Karena untuk bisa disebut orang baik cukup diam saja dirumah ngga hidup dengan banyak tingkah, tetapi jika hidupmu adalah untuk menaburkan kemanfaatan maka kita tidak cukup hanya diam saja tetapi butuh gerakan dan gebrakan butuh pengorbanan baik harta, waktu, fikiran, tenaga dan bahkan juga nyawa.

==============================================================================

Illustrasi: Saya Assiry Presiden Kaligrafi bersama Ustaz Miftahul Huda Pati saat tashih karya kaligrafi untuk mengikuti perlombaan Kaligrafi tingkat Internasional di Resto Pskq Modern yakni: Arjuna Resto & Assiry Gallery pada hari Rabu 7 Sepember 2016.

0 komentar:

Posting Komentar